Memahami Cara Kerja Histamin, Pelindung Tubuh yang Bisa Picu Reaksi Alergi




Bersin bisa berlangsung waktu histamin dilepaskan badan bila hidung terkena alergen Obat antihistamin seringkali diresepkan pada pasien yang alami reaksi alergi. Obat ini kerja dengan menghalangi histamin di pada tubuh yang sebetulnya justru adalah sisi dari skema imun badan. Jadi, sebetulnya histamin itu baik atau jelek?

Apakah itu histamin?Histamin ialah senyawa kimia dalam skema imun badan yang sebetulnya mempunyai ‘maksud' baik, yaitu untuk singkirkan benda asing yang mempunyai potensi mengganggu badan. Dalam prosedurnya, histamin akan memunculkan tanda-tanda alergi pada seorang untuk menyingkirkan benda asing itu – benda atau zat yang selanjutnya akan disebutkan alergen buat semasing individu.

Alergen bisa berbagai macam, dari mulai bulu hewan, makanan spesifik, sampai debu. Skema imun badan lihat alergen untuk intimidasi serta keluarkan histamin, hingga selanjutnya memunculkan reaksi alergi. Reaksi alergi yang kita alami bisa berbentuk gatal-gatal, bersin, atau keluarkan air mata.

Menariknya lagi, histamin dapat bertindak selaku neurotransmitter, yaitu senyawa pembawa pesan antarsel. Histamin sendiri disekresikan oleh basofil serta sel mast. Basofil serta sel mast terdapat di seputar jaringan ikat di beberapa ruang badan.

Proses pelepasan histamin di badanSaat seorang terkena alergen spesifik, skema imunnya akan selekasnya berlaga dengan mengirim signal pada sel mast – entahlah itu sel mast di kulit, paru-paru, hidung, mulut, usus, sampai darah. Signal pesan itu ialah perintah untuk selekasnya melepas histamin.

Dari sel mast, histamin selanjutnya tingkatkan saluran darah di badan badan yang terkena alergen. Ini selanjutnya memunculkan inflamasi atau infeksi, yang berlangsung atas kerja sama senyawa lain dalam skema imun. Selanjutnya, histamin akan stop di reseptor badan.

Pelepasam histamin akan berbuntut pada reaksi alergi spesifikAkhirnya, histamin akan memunculkan reaksi spesifik di seputar anggota badan yang terkena alergen. Contohnya, jika alergen seperti debu ‘menyentuh' hidung Anda, histamin akan memerintah membran mukosa untuk membuahkan semakin banyak mukus atau lendir.

Pelepasan mukus itu membuat hidung penderitanya jadi berair. Lendir atau mukus ini dapat mengubah tenggorokan yang menyebabkan batuk-batuk.

Jenis alergen yang menyebabkan alergiAda bermacam alergen yang dapat menyebabkan reaksi alergi, yang akan berupaya ditepis oleh histamin. Alergen itu, termasuk juga

Atribut hewani, khususnya bulu hewan peliharaan

Beberapa obat, khususnya antibiotik penisilin serta sulfa

Makanan, seperti biji-bijian serealia, kacang-kacangan, susu, kerang, serta telur

Sengatan serangga, termasuk juga sengatan lebah, tawon, serta nyamuk

Jamur, seperti spora jamur yang berada di udara

Pasaran Bola Yang Cocok Bagi Pemula

Atribut tanaman, khususnya serbuk sari dari rumput, gulma, serta pohon. Alergi dapat juga dipacu oleh getah tanaman spesifik.

Alergen lain, seperti lateks (termasuk juga pada kondom) dan logam seperti nikel

Bulu kucing bisa memunculkan reaksi alergi buat banyak orangAntihistamin, obat alergi untuk halang kesibukan histaminReaksi alergi bisa diatasi dengan pemakaian beberapa macam obat. Tetapi, umumnya, obat baris pertama yang dapat dikonsumsi serta diresepkan dokter ialah antihistamin.

Sesuai dengan namanya, antihistamin kerja dengan menghalangi kesibukan histamin yang menyebabkan tanda-tanda alergi. Antistamin bisa efisien untuk mengatasi beberapa tipe alergi, termasuk juga alergi makanan, alergi di ruang, atau alergi musiman.

Antihistamin banyak jenisnya, yang ada berbentuk kapsul, tablet, cairan, nasal spray, sampai obat tetes.

Beberapa antihistamin yang kemungkinan diresepkan dokter, yakni:

Loratadine

Cetirizine

Desloratadine

Fexofenadine

Levocetirizine

Klorfeniramin

Cyproheptadine

Hydroxyzine

Ketotifen

Promethazine

Seperti obat lain, antihistamin untuk menghalangi histamin dapat memunculkan efek spesifik, contohnya:

Mulut kering

Rasa kantuk

Pusing

Mual serta muntah

Resah atau muram pada anak-anak

Permasalahan buang air kecil atau susah buang air kecil

Pandangan kabur

Ketidaktahuan

Waktu menjumpai dokter untuk memperoleh obat alergi, tekankan Anda jujur dengan apa saja situasi klinis yang dirasakan, kisah penyakit, serta obat yang tengah dikonsumsi. Anda harus juga sampaikan jika Anda tengah menyusui atau sedang hamil.

[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQHistamin ialah senyawa pada tubuh yang ‘berperan' dalam reaksi alergi. Walaupun histamin dilepaskan membuat perlindungan badan, banyak masalah alergi akan perlu diatasi dengan beberapa obat – khususnya obat antihistamin.

Diberdayakan oleh Blogger.