Obat Tukak Lambung Paling Ampuh: dari Medis Hingga Bahan Alami





Tukak lambung ialah situasi iritasi atau cedera yang tampil di dalam dinding lambung Ulkus atau tukak lambung ialah situasi iritasi atau cedera yang tampil di dalam dinding lambung serta esofagus sisi bawah atau duodenum (sisi atas usus halus). Tanda-tanda tukak lambung bisa mengganggu kesibukan setiap hari. Oleh karena itu, penting untuk menyembuhkan tukak lambung dengan obat tukak lambung di apotek.

Pilihan obat tukak lambung di apotek Pemicu tukak lambung berbagai macam, dari mulai infeksi bakteri H. pylori sampai mengonsumsi obat penurun ngilu dalam periode waktu yang lama. Tukak lambung harus diobati supaya cederanya tidak memunculkan perdarahan serta efek kompleksitas yang mencelakakan.

Ada beberapa macam obat tukak lambung di apotek. Tetapi, kemungkinan Anda dapat memperolehnya lewat resep dokter. Berikut beberapa pilihan obat tukak lambung yang biasanya diresepkan dokter tapi dapat diperoleh di apotek:

1. Obat antibiotikJika pemicu tukak lambung Anda dikarenakan oleh infeksi bakteri H. pylori, dokter kemungkinan memberi resep obat antibiotik yang selanjutnya bisa ditebus di apotek. Tetapi, awalnya dokter akan lakukan urea breath tes untuk salah satunya langkah menganalisis kehadiran bakteri pemicu tukak lambung.

Obat tukak lambung kelompok antibiotik yang umum diresepkan ialah amoxicillin, clarithromycin, serta metronidazole. Umumnya Anda akan memperoleh 2 tipe obat antibiotik yang perlu diminum 2 kali satu hari semasa 1-4 minggu.

Beberapa efek mengonsumsi antibiotik, diantaranya berasa lemas, diare, serta ada rasa logam di mulut. Tetapi, tidak perlu cemas sebab efek ini cuma berbentuk sesaat.

Sesudah jumlah yang disarankan habis, Anda perlu kembali pada dokter untuk memeriksa situasi apa masih ada bakteri H. pylori yang masih ada di perut Anda atau mungkin tidak.

2. Proton pump inhibitors/PPI (pompa penghalang proton)Proton pump inhibitors (PPI) atau pompa penghalang proton ialah obat yang mempunyai tujuan untuk kurangi produksi asam lambung. Obat tukak lambung ini kerja menahan situasi tukak (cedera) di lambung supaya makin tidak kronis.

Obat PPI yang umumnya diresepkan oleh dokter untuk menurunkan tanda-tanda tukak lambung ialah omeprazole, lansoprazole, esomeprazole, dexlansoprazole, rabeprazole, serta pantoprazole. Anda juga bisa menebusnya di apotek.

Tipe obat ini umumnya disarankan untuk diminum 4-8 minggu. Walau tidak bisa hilangkan bakteri H. pylori dalam perut, obat PPI yang digabungkan dengan antibiotik bisa kerja untuk memudahkan tanda-tanda tukak lambung yang dikarenakan oleh infeksi H. pylori.

Beberapa efek mengonsumsi obat PPI, salah satunya:

Sakit di kepala

Diare atau sembelit

Berasa lemas

Sakit di perut

Pusing

Ruam

3. Histamin receptor blockers (H2 blockers)Obat tukak lambung di apotek selanjutnya ialah histamin receptor blockers (H2 blocker).

Histamin receptor blockers kerja dengan kurangi jumlah asam yang dibuat dalam lambung Anda. Zat antagonis histamin direncanakan untuk memblok histamin pada lambung buat kurangi produksi asam.

Obat tukak lambung kelompok histamin receptor blockers yang umum dipakai untuk menyembuhkan tukak lambung ialah ranitidine. Disamping itu, obat H2 blocker yang dapat Anda pakai yang lain ialah famotidine, cimetidine, serta nizatidine.

Walau jarang ada, obat kelompok histamin receptor blockers bisa memunculkan beberapa efek, misalnya: 

Diare

Sakit di kepala

Pusing

Ruam

Berasa kecapekan

4. Antasida serta alginatAntasida jadi obat tukak lambung di apotek yang lain. Antasida ialah obat yang mempunyai tujuan untuk menetralisir karakter cairan asam yang dibuat lambung, menurunkan tanda-tanda asam lambung, serta percepat proses pemulihan.

Anda bisa konsumsi antasida pada saat-saat spesifik, seperti waktu makan atau sebelum tidur untuk menurunkan tanda-tanda asam lambung naik.

Walau antasida bisa memudahkan rasa ngilu karena tukak lambung sesaat waktu, tapi tipe obat ini tidak bisa membunuh bakteri H. pylori. Jadi, bila Anda ingin menyembuhkan tukak lambung yang dikarenakan oleh bakteri H. pylori, seharusnya tanyakan sama dokter terlebih dulu sebelum konsumsi antasida. Masalahnya beberapa antibiotik kemungkinan ada yang tidak bisa kerja efisien bila Anda minum antasida.

Beberapa macam antasida ada yang memiliki kandungan alginat. Alginat kerja dengan membuahkan susunan pelindung pada dinding lambung hingga tingkatkan ketahanannya pada dampak cairan asam. Obat antasida yang memiliki kandungan alginat terbaik dikonsumsi sesudah makan.

Ke-2 tipe obat tukak lambung ini bisa dibeli ke apotek tak perlu menebus resep dokter. Anda dapat konsultasi dengan apoteker untuk memperoleh referensi mana yang sangat pas untuk Anda.

Efek yang kemungkinan diakibatkan dari ke-2 obat ini ialah diare atau sembelit, perut kembung, kram perut, serta berasa lemas. Tetapi, tidak perlu cemas sebab efek yang berlangsung termasuk mudah.

5. Obat protektanObat tukak lambung yang umum diresepkan dokter yang lain ialah obat protektan. Obat protektan mempunyai tujuan untuk melapisi dan membuat perlindungan cedera dari asam serta enzim hingga tanda-tanda tukak lambung yang menimpa bisa berkurang serta jadi cepat sembuh.

Umumnya dokter akan memberi resep satu tipe obat protektan, seperti sucralfate, untuk memudahkan tanda-tanda tukak lambung. Namun, bila sucralfate memunculkan efek, seperti diare atau pusing tanpa ada fakta, dokter kemungkinan memberi resep obat protektan lainnya untuk Anda.

6. Bismuth subsalicylateObat-obatan yang memiliki kandungan bismuth subsalicylate bisa mempunyai tujuan untuk melapisi tukak lambung serta melindunginya dari asam. Meskipun bismuth subsalicylate dapat membunuh bakteri H. pylori, dokter kemungkinan meresepkannya dengan obat antibiotik lain untuk menyembuhkan tukak lambung Anda.

Jejeran obat tukak lambung alami yang dapat Anda gunakanSelain memakai obat tukak lambung di apotek, tidak ada kelirunya Anda memercayakan beberapa obat tukak lambung berbahan alami yang dapat diperoleh di dalam rumah.
Tetapi, harus diingat jika obat tukak lambung berbahan alami ini masih membutuhkan riset selanjutnya buat pastikan efisiensinya. Oleh karenanya, Anda perlu semakin waspada dalam memakainya. Bila perlu, tanyakan terlebih dulu sama dokter.

Berikut obat tukak lambung alami yang dipercayai bisa menyembuhkan tukak lambung:

1. Madu
Madu memiliki kandungan anti-oksidan serta zat aktif antibakteriMadu adalah bahan alami yang banyak terkandung anti-oksidan serta zat aktif antibakteri. Beberapa periset yakini jika muatan antibakteri itu dapat menantang bakteri H. pylori, salah satunya pemicu tukak lambung.

Namun, riset yang ada sampai sekarang ini masih dilaksanakan pada hewan uji hingga masih diperlukan bukti ilmiah kemanjurannya pada manusia.

2. Kunyit
Kunyit dipercaya bisa memudahkan tanda-tanda tukak lambungSalah satu obat tukak lambung alami ialah kunyit. Kunyit memiliki kandungan kurkumin, yakni zat aktif yang bisa kurangi dampak infeksi di pada tubuh.

Satu hasil riset yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Ulasans mengutarakan jika kurkumin bisa menahan kerusakan selanjutnya pada dinding lambung yang dikarenakan oleh infeksi bakteri H. pylori.

Kurkumin dipercayai bisa menolong tingkatkan sekresi lendir yang membuat perlindungan lambung dari iritasi cairan asam. Tetapi, riset itu baru dilaksanakan pada uji hewan tikus.

Selanjutnya, studi yang ada pada jurnal Plant Sciences Research menyampaikan jika tanda-tanda tukak lambung terlihat lebih baik ke orang yang teratur minum 2 kapsul suplemen kunyit, yang semasing berdosis 250 mg, untuk 4 kali satu hari dalam 4-8 minggu.

Walau begitu, masih diperlukan riset selanjutnya untuk ketahui keefektifan kunyit untuk obat tukak lambung alami.

3. Bawang putih
Bawang putih dipercayai percepat pengobatan tukak lambungBawang putih mempunyai karakter antimikroba serta antibakteri yang bisa mempunyai potensi jadi obat untuk mengembalikan tukak lambung.

Hasil studi yang dimuat dalam Avicenna Journal of Medicine tahun 2016 mengutarakan jika makan bawang putih mentah 3 hari beruntun bisa menolong percepat pengobatan infeksi bakteri H. pylori di pencernaan.

Tetapi, bawang putih belum pasti bisa dibuat untuk obat tukak lambung alami sebab masih membutuhkan riset selanjutnya.

4. Lidah buaya
Lidah buaya dipercayai bisa kurangi jumlah produksi asam lambungBeberapa hasil riset mengatakan jika lidah buaya bisa jadi obat tukak lambung alami.

Satu riset mengatakan mengonsumsi lidah buaya dengan cara teratur bisa kurangi jumlah produksi asam lambung. Selanjutnya, pada studi yang lain, dampak mengonsumsi lidah buaya untuk menyembuhkan tukak lambung sama dengan obat omeprazole.

Namun, riset itu sejumlah besar dilaksanakan pada hewan uji tikus serta belum dilakukan tindakan pada manusia.

Walau mengonsumsi lidah buaya termasuk aman serta tidak memunculkan efek efek apa saja, masih diperlukan riset selanjutnya yang menunjukkan efisiensi lidah buaya untuk obat tukak lambung alami pada manusia.

5. Makanan probiotik
Yogurt salah satu tipe sumber probiotikProbiotik ialah tipe mikroorganisme hidup yang berperanan untuk menantang bakteri jahat dalam skema pencernaan.

Salah satunya faedahnya ialah menahan munculnya cedera pada lambung serta menantang infeksi bakteri H. pylori. Ini sebab probiotik dipercayai bisa merangsang produksi lendir yang membuat perlindungan lambung dari iritasi cairan asam.

Beberapa makanan atau minuman yang memiliki kandungan probiotik, diantaranya yogurt, kimchi, serta kombucha.

[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQUntuk menyembuhkan tanda-tanda tukak lambung, Anda bisa konsumsi obat tukak lambung di apotek. Tekankan Anda minum obat tukak lambung itu berdasar saran serta jumlah yang pas.

Tetapi, bila ingin memakai obat tukak lambung alami, tekankan Anda konsultasi sama dokter terlebih dulu buat hindari reaksi alergi atau efek yang kemungkinan diakibatkan.
Diberdayakan oleh Blogger.